MAN 2 Kota Madiun Juara I Musikalisasi Puisi di PSP Jatim

MAN 2 Kota Madiun Sabtu (29/4) ini kembali menorehkan prestasi di tingkat provinsi, kali ini sebagai juara I Lomba Cipta Puisi dan Musikalisasi Puisi pada Pekan Seni Pelajar (PSP) tahun 2017 tingkat provinsi Jawa Timur di Kediri. Grup dari MAN 2 Kota Madiun yang merupakan bagian dari kontingen PSP 2017 Kota Madiun ini mengirimkan 7 anggota teater Obor yang merupakan juara I tingkat kota tahun  lalu. Pada lomba di PSP ini grup dari MAN 2 Kota Madiun menampilkan puisi “Andai kata” karya KH Mustofa Bisri (Gus Mus).

Musikalisasi puisi dengan pembina Ingsun Sukohandono ini menampilkan 7 personil. Empat orang memainkan alat musik masing-masing : Saddam Alfandy Nur Ramadhan memegang jimbe, Hisyam Hawari sebagai gitaris, Nuayma Fattania memainkan balera, dan Itsna Faikhotul Himmah sebagai instrumen, serta 3 vokalis utama Diva Fitroturrosyida, Maulida Ikrima, dan Rahmadilla Fajrin P. Namun ketika menyanyi, bertujuh semua ikut bernyanyi. Puisi yang ditampilkan ini mengingatkan pada kita dalam suatu hal yang seharusnya dapat kita lakukan dan selesaikan.

Memang kadang kita terbentur dalam keterbatasan kemampuan kita, kita tak mempunyai daya, untuk perbaikan, menghilangkan “kejahatan”, mencegah kedzoliman. Tapi, kita harus terus berusaha sampai kita tidak hanya berkata “andai kata”.

“Selain dari pandangan saya mengenai puisi ini, saya juga menganjurkan pada kita, untuk berandai-andai pada suatu hal yang telah terjadi, kadang memang kita hanya bisa menerima dan bersabar dalam penimpaan hal tersebut pada kita, akan tetapi kita tak boleh menyerah pada hal lain yang memang bisa kita usahakan pada waktu sekarang dan akan datang,” kata Ingsun Sukohandono menirukan isi puisi “Andai kata” dari Gus Mus.

Dengan terpilihnya grup musikalisasi teater “Obor” MAN 2 Kota Madiun sebagai juara I PSP di tingkat provinsi ini membuat bangga anggota grup, pembina, dan seluruh civitas MAN 2 Kota Madiun. Merekapun berharap dapat terpilih mewakili Jawa Timur pada lomba sejenis di tingkat nasional.

“Saya bangga atas penampilan anak-anak. Sayapun berterima kasih sehingga dapat mempersembahkan juara I. Mudah-mudahan anak-anak ini bisa mewakili Jatim,” kata Ingsun Sukohandono.

Hal senada disampaikan salah satu personil grup ini, Saddam Alfandy Nur Ramadhan. “Alhamdulillah, kami bisa meraih juara I. Semoga bisa lanjut ke tingkat nasional dan juara lagi,” jelas Saddam Alfandy Nur Ramadhan.

Begitu pula Nuayma Fattania mengungkapkan rasa bangganya. “Saya bangga.  Alhamdulillah, bisa dapat juara satu. Nggak nyangka. Semoga tetap menjaga amanah yang diberikan dan dapat menyalurkan ilmu yang kami miliki agar dapat bermanfaat,” jelas Nuayma. (lon)

1 thought on “MAN 2 Kota Madiun Juara I Musikalisasi Puisi di PSP Jatim”

Comments are closed.