Contact Information:
  (0351) 462869
  m2kmadiun@gmail.com
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MAN 2 KOTA MADIUN

Mengingat pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran formal khususnya pembelajaran bahasa Indonesia, penelitian ini mendeskripsikan mengenai   implementasi   pendidikan   karakter   dalam   pembelajaran   bahasa Indonesia. Penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, faktor pendukung, dan penghambat yang dialami guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Selain itu, banyaknya kenakalan remaja ditingkat SMA saat ini menjadi penunjang atas dasar pertanyaan tersebut.

 

 

Kenakalan remaja tingkat SMA pada umumnya adalah tawuran antarpelajar.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sudah diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 KOTA MADIUN. Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 KOTA MADIUN dilakukan melalui perencanaan,  pelaksanaan,  dan  penilaian.  Kegiatan  guru  bahasa  Indonesia  di MAN 2 KOTA MADIUN  MADIUN  dalam  perencanaan  pembelajaran  adalah menambahkan nilai-nilai karakter yang akan dicapai ke dalam silabus dan RPP pada setiap kompetensi dasar. Pada tahap perencanaan guru memilih nilai karakter dengan disesuaikan materi, metode, strategi, media, dan situasi pembelajaran.

Pembelajaran bahasa Indonesia mencakup empat kompetensi yaitu kompetensi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Nilai karakter yang sering kali digunakan dalam perencanaan pembelajaran kompetensi menyimak yaitu nilai disiplin, cerdas, cermat, teliti, kritis, dan gemar membaca. Pada perencanaan pembelajaran kompetensi berbicara, nilai karakter yang sering digunakan yaitu nilai cerdas, cermat, kritis, komunikatif, demokratis, dan berani.

Nilai karakter yang dipilih dalam perencanaan pembelajaran kompetensi membaca yaitu nilai cerdas, cermat, teliti, penuh penghayatan, dan analitis. Pada perencanaan pembelajaran kompetensi menulis, guru sering kali memilih nilai tanggung jawab, analitis, cermat, kreatif, komunikatif, dan demokratis sebagai nilai yang akan diimplemetasikan.

Pada pelaksanaan pembelajaran, guru bahasa Indonesia di MAN 2 KOTA MADIUN juga sudah mengimplementasikan nilai-nilai karakter melalui metode, strategi, dan media pembelajaran. Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN Madiun berdasarkan RPP yang sudah dibuat dan disesuaikan dengan kondisi KBM. Pelaksanaan pembelajaran sering kali menggunakan metode diskusi kelompok, sehingga peserta didik lebih aktif dalam KBM. Pembelajaran kompetensi menyimak di MAN 2 KOTA MADIUN mengimplementasikan nilai santun, disiplin, gemar membaca, kritis kreatif, ingin tahu, mandiri, kerja keras, tanggung jawab, dan komunikatif.

Pembelajaran kompetensi berbicara di MAN 2 KOTA MADIUN mengimplementasikan nilai santun, disiplin, menumbuhkan rasa ingin tahu, gemar membaca,  kritis  kreatif,  mandiri,  kerja  keras,  kerjasama,  toleransi,  tanggung jawab,  komunikatif,  dan  percaya  diri.  Pembelajaran  kompetensi  membaca  di MAN 2 KOTA MADIUN mengimplementasikan nilai santun, disiplin, menumbuhkan  rasa  ingin  tahu,  gemar  membaca,  kritis  kreatif,  mandiri,  kerja keras, kerjasama, toleransi, tanggung jawab, komunikatif, dan percaya diri. Pembelajaran kompetensi menulis di MAN 2 KOTA MADIUN mengimplementasikan nilai santun, disiplin, menumbuhkan rasa ingin tahu, gemar membaca,  kritis  kreatif,  mandiri,  kerja  keras,  kerjasama,  toleransi,  tanggung jawab, komunikatif, dan percaya diri.

Terdapat laboratorium bahasa tetapi pada pelaksanaan pembelajaran guru tidak menggunakan ruangan tersebut untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Pelaksanaan pembelajaran kompetensi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis  berpedoman  pada  LKS.  Penilaian  pembelajaran  tidak  hanya  meliputi ranah kognitif saja, tetapi terdapat penilaian afektif dalam rangka menilai karakter yang telah dimiliki peserta didik.

Penilaian ketercapaian pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN MADIUN  MADIUN sering kali menggunakan pengamatan perilaku  peserta  didik  dalam  KBM  dan  diluar  KBM.  Penilaian  pendidikan karakter juga dilakukan melalui soal yang secara keseluruhan maupun sebagaian digunakan   untuk   menilai   ketercapaian   pendidikan   karakter.   Guru   bahasa Indonesia di MAN 2 KOTA MADIUN juga menyatakan menggunakan metode diskusi klasikal dalam menilai ketercapaian implementasi pendidikan karakter.

Terdapat beberapa faktor penghambat dan faktor pendukung yang dialami guru   bahasa   Indonesia   di   MAN 2 KOTA  MADIUN   pada   implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 KOTA MADIUN. Faktor penghambat yang dialami yaitu kesulitan dalam memilih nilai karakter yang akan dicapai. Guru juga terkadang merasa sulit saat mengkaitkan nilai karakter yang akan dicapai dengan materi, media, dan metode pembelajaran. Guru juga terkadang mengalami kesulitan dalam menilai ketercapaian pendidikan karakter.

Guru bahasa Indonesia merasa bahwa media pembelajaran di MAN 2 KOTA MADIUN masih kurang mendukung implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan disetiap kelas belum ada LCD. Selain itu, perpustakaan juga dirasa masih kurang luas sehingga dalam penggunaannya harus bergantian antar kelas.

Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 KOTA MADIUN salah satunya yaitu motivasi siswa dalam pembelajaran. Faktor pendukung lainnya yaitu lingkungan keluarga, warga sekolah, pergaulan siswa, dan sarana prasarana sekolah. Budaya sekolah dan pengaturan jadwal yang runtut, dirasakan satu orang guru bahasa Indonesia di MAN MADIUN sebagai salah satu faktor pendukung implementasi pendidikan karakter  dalam  pembelajaran  bahasa  Indonesia  di  MAN  MADIUN  MADIUN. Hasil  pendidikan  karakter  dalam  pembelajaran  dikomunikasikan  kepada  wali kelas dan kemudian dikomunikasikan kepada wali murid saat pembagian rapor. Saran yang dapat diberikan mengenai implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 KOTA MADIUN yaitu sebagai berikut.

Bagi Guru Saran  yang dapat diberikan kepada guru bahasa Indonesia terutama di MAN MADIUN agar terus meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dimulai dari mempersiapkan pembelajaran dengan tekun terutama  dalam  pemilihan  strategi,  metode,  dan  media  pembelajaran.  Selalu belajar  dalam  kegiatan  mengajar,  sehingga  guru  dapat  menjadi  guru  yang

terampil, kreatif, dan profesional. Pemberian teladan kepada siswa juga dirasa masih sangat perlu. Guru selain sebagai fasilitator juga sebagai teladan serta diharapkan kreatif untuk menciptakan kondisi belajar yang kondusif. Kodisi pembelajaran yang kondusif mampu mendukung siswa untuk mudah memahami pembelajaran dan mampu mengamalkan  nilai karakter. Bagi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)

ini dapat dijadikan masukan yang bermanfaat bagi guru-guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia.   Hasil   penelitian   ini   diharapkan   dapat   menjadi   pedoman   dan disampaikan kepada guru-guru lain, sebagai pertimbangan dalam implementasi pendidikan karakter.

 

Selamat Datang di Website MAN 2 Kota Madiun
 KONTAK KAMI
MAN 2 KOTA MADIUN
Jl. Sumber Karya 5 Kota Madiun
(0351) 462869
(0351) 462869
m2kmadiun@gmail.com